Cara Menghitung Usia Kehamilan

Tips cara menghitung usia kehamilan / kandungan dengan benar dan akurat yang sering menjadi pertanyaan bagi wanita hamil, Setelah anda mendapatkan ciri-ciri kehamilan untuk saatya anda untuk mengetahui usia kehamilan anda. segala sesuatunya denga lebih baik dan tentunya dapat mengontrol perkembangan janin didalam kandungan dari bulan ke bulan. Kebanyakan wanita masih merasa kebingungan ketika dihadapkan dengan perhitungan usia kehamilan. Hal tersebut dikarenakan masih kurangnya pengetahuan mereka tentang cara menghitung usia kehamilan. Padahal perhitungan usia kehamilan merupakan hal yang penting untuk dapat mengetahui dan menentukan berapakah usia kehamilan yang sedang dijalani saat itu.

Cara Menghitung Usia KehamilanMasih banyak cara dan metode penghitungan usia kandungan lainnya yang dapat anda terapkan untuk menghitung usia kandungan dengan lebih mudah dan akurat. Untuk itu kali ini kami akan memberikan ulasan tentang cara menghitung usia kehamilan dengan mudah dan akurat. Berbagai metode dan cara yang dapat anda lakukan untuk menghitung usia kandungan adalah sebagai berikut :

Menghitung usia kehamilan dengan metode kalender :

Menghitung usia kehamilan dengan metode kalender ini dapat dilakukan dengan 2 alat yang sudah kami sediakan, sehingga akan lebih memudahkan anda dalam mempergunakannya.

  1. Kalkulator penghitung usia kehamilan Alat yang pertama adalah dengan menggunakan kalkulator penghitung usia kehamilan. Anda hanya perlu memasukkan Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT) pada kolom yang sudah disediakan dan agar hasilnya bisa lebih akurat lagi, memasukkan juga rata-rata lama siklus haid setiap bulan.
  2. Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT) adalah hari pertama anda haid pada periode terakhir menstruasi anda. Misalkan anda sudah telat haid 1 bulan, maka anda harus mengingat kapan hari terakhir anda haid. Lama Siklus Haid Rata-rata adalah lama periode menstruasi anda. Biasanya anda tahu jika dilihat dalam tanggal haid tiap bulannya maka tanggalnya akan maju beberapa hari. Anda hitung kapan hari terakhir anda haid kemudian haid kembali disaat anda belum hamil atau menstruasi normal anda.
  3. Kalender Hamil Putar Kalender hamil putar adalah alat yang biasa digunakan di klinik atau rumah sakit untuk menghitung usia kehamilan dan hari perkiraan lahir (HPL). Cara menggunakannya mudah, anda cukup klik pada kalender putar dibawah ini dan arahkan mouse sesuai dengan tanda yang ada pada kalender putar, kemudian arahkan garis merah yang ada pada kalender putar pada hari pertama haid terakhir anda. Disitulah akan terlihat petunjuk tentang usia kehamilan anda, perkiraan berat dan panjang janin dalam kadungan anda serta perkiraan kapan sang bayi akan lahir.

Dari semua metode dan cara menghitung usia kehamilan diatas, yang paling mudah untuk anda lakukan adalah dengan metode kalender. Biasanya untuk pemeriksaan pertama kali dokter juga akan menggunakan motode kalender. Setelah diketahui hasil dari perhitungan dengan metode kalender tersebut, barulah akan dijadikan sebagai dasar untuk memantau perkembangan janin dan kondisi kesiapan sang ibu dengan metode fundus ataupun USG.

Cukup mudah kan, Bu? Sekian artikel dari kami tentang cara menghitung usia kehamilan / kalkulator kehamilan!