Cara Menghitung Usia Kehamilan

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Pengetahuan akan Cara Menghitung Usia Kehamilan masih banyak kurang dipahami oleh para ibu hamil. Padahal hal ini merupakan hal penting untuk dapat mengetahui usia kehamilan yang sedang dijalani. Dengan mengetahui usia kehamilan, seorang ibu hamil dapat mengetahui perkembangan atau pertumbuhan organ apa yang sedang terjadi pada janinnya.

Selain itu, dengan mengetahui usia kehamilan, seorang ibu hamil dapat mengetahui kapan jadwal pemeriksaan yang harus dilakukan baik ke dokter maupun ke bidan, Selama ini kebanyakan untuk dapat menghitung usia kehamilan masih mengandalkan para ahli baik dokter atau bidan, memang hal ini merupakan yang dianjurkan demi ketepatan penghitungan usia kehamilan. biasanya cara menghitung usia kehamilan dilakukan dengan menggunakan usg, yang memiliki tingkat akurasi yang lebih tinggi dengan mengukur ukuran tengkorak, panjang janinpanjang janin, ukuran jantung, ginjal dsb. Namun, tidak ada salahnya ibu hamil mengetahui cara menghitung usia kehamilan yang dapat dilakukan sendiri.

Cara Menghitung Usia Kehamilan

Cara Menghitung Usia Kehamilan dengan Mudah

Cara Menghitung Usia Kehamilan :

Ada berbagai pilihan cara menghitung usia kehamilan dalam minggu yang dapat anda lakukan. Menghitungnya secara manual dengan rumus yang ditentukan, dengan perkiraan, atau bahkan sekarang Anda sudah bisa menghitung usia kehamilan secara otomatis, diantaranya berdasar kepada:

1.Cara Menghitung Usia Kehamilan dengan HPHT ini yaitu:

HPHT dihitung sebagai hari pertama mulai hamil, sebagai contoh: Jika sekarang tanggal 25 November 2013 dan HPHT tanggal 25 Oktober 2013, maka usia kehamilan saat ini adalah 4 minggu atau 1 bulan.

Untuk dapat menghitung usia kehamilan anda berdasar HPHT hanya dapat dilakukan oleh ibu hamil yang memiliki siklus haid normal dan teratur (28-30 hari). Untuk taksiran usia kehamilan berdasar HPHT dapat menggunakan rumus Neagele, selain dapat menghitung usia kehamilan, rumus ini juga dapat digunakan untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL). Penggunaan rumus ini adalah dengan menambahkan 7 pada tanggal pertama dari haid terakhir, kemudian mengurangi bulan dengan 3 dan menambahkan 1 pada tahunnnya, sedangkan untuk bulan yang tidak bisa dikurangi 3, misalnya Januari, Februari, dan Maret, maka bulannya ditambah 9, tapi tahunnya tetap tidak ditambah atau dikurangi.

contoh:
Jika HPHT anda adalah 16 nov 2008, maka:
16 -11 – 08
+ – +
7 3 1
23 – 8 – 09 (ini tanggal HPL)

2.Cara Menghitung Dengan Kalkulator Kehamilan :

Cara Menghitung usia kehamilan dengan cara lain yaitu menggunakan kalkulator kehamilan. Metode ini merupakan cara yang mudah dilakukan oleh setiap wanita untuk menentukan usia kehamilan. Kalkulator kehamilan yang dapat ditemukan dengan mudah seperti kalkulator online gratis yang saat ini banyak digunakan oleh sebagian besar wanita. Selain caranya simpel, metode kalkulator kehamilan ini dapat diakses oleh siapa saja tanpa harus buang waktu untuk pergi ke bidan atau dokter.

Tentunya, metode menghitung usia kehamilan dengan kalkulator, Anda harus tetap menyiapkan data-data yang diperlukan untuk menghitung usia kehamilan Anda diantaranya HPHT dan periode menstruasi selanjutnya.

3. Pemeriksaan Kandungan Dengan USG :

Cara yang mungkin terbilang lebih akurat dari metode lainnya yaitu melakukan pemeriksaan USG. Metode ini pada umumnya dilakukan oleh dokter kandungan yang memang sudah ahli dalam bidang ini. pemeriksaan menggunakan metode USG, biasanya dilakukan ketika usia kehamilan memasuki usi 4 – 5 minggu setelah periode menstruasi.

Pemeriksaan USG juga dapat dilakukan oleh seorang wanita yang ingin mengetahui usia kehamilannya ketika memasuki usia 8 – 18 minggu. Cara menghitung usia kehamilan dengan metode ini memang lebih akurat karena kita bisa melihat apakah memang terjadi kehamilan ataukah tidak. Pemeriksaan USG juga dilakukan untuk mengetahui apakah kehamilan terjadi pada rahim atau diluar rahim. Hal ini untuk mencegah terjadinya hamil ektopik. Metode pemeriksaan USG dapt dilakukan oleh seorang wanita yang memang tidak mengetahui atau lupa hari pertama haid terakhirnya (HPHT).

Itulah beberapa cara dan metode yang bisa Anda lakukan untuk menghitung usia kehamilan Anda. Tentu, Anda dapat memilih metode apa yang sekiranya tepat bagi Anda, karena seperti yang sudah kami jelaskan diatas bahwa setiap metode yang dilakukan terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Meskipun Anda dapat menghitung usia kehamilan Anda secara mandiri, akan tetapi kami menyarankan agar Anda menghitung usia kehamilan yang dibantu dengan bidan atau dokter agar perhitungan usia kehamilan Anda lebih akurat. Semoga metode dan cara menghitung usia kehamilan diatas dapat membantu Anda. Tetap lakukanlan pemeriksaan usia kehamilan Anda secara rutin untuk melihat perkembangan janin Anda. Semoga bermanfaat!

Itulah beberapa metode yang digunakan untuk cara menghitung usia kehamilan yang paling akurat dan banyak digunakan.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.